Ngabuburit Ala Santri Bersama PAC IPNU-IPPNU Blimbing Malang

Blimbing  - Ngabuburit ternyata bisa dilakukan dengan cara yang menyenangkan dan bermanfaat. Seperti kegiatan yang dilakukan di Masjid Sabilillah Blimbing Kota Malang, Sabtu-Minggu (20-21 Juli 2013). Di sana diadakan acara lomba pilihan da’i cilik dan lomba qiro’ah yang diadakan oleh IPNU (Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama) dan IPPNU (Ikatan Pelajar Putri NU) Anak cabang Blimbing Kota Malang.

Para juara qira’ah berpose usai menerima penghargaan.

Para juara qira’ah berpose usai menerima penghargaan.

Acara ini merupakan rangkaian kegiatan Safari Ramadhan Penuh Hikmah 1434 H. Acara ini berlangsung mulai pukul 15.00 hingga menjelang saat berbuka puasa.

Ketua pelaksana, Maziyyah mengatakan, kegiatan ini dilakukan setiap hari Sabtu dan Minggu dengan berbagai macam kegiatan. Tujuan kegiatan tersebut, selain untuk mengisi waktu menunggu berbuka puasa (ngabuburit) warga, terutama santri-santri di Blimbing, juga bertujuan untuk mendekatkan warga dengan masjid dan meramaikan Masjid Sabilillah Kota Malang. Acara ini juga dijadikan sebagai media pembelajaran organisasi untuk menuju proses regenerasi yang berkesinambungan dan berkelanjutan. Dia juga menyatakan, tujuan khusus acara ini adalah mengenalkan IPNU-IPPNU kepada masyarakat.

Sabtu (20/07) acara Pilihan Da’i Cilik diikuti oleh 6 orang peserta da’i cilik yang berasal dari berbagai TPA (Taman Pendidikan Al-Quran) dan sekolah di Kota Malang. Acara juga dimeriahkan oleh Honda yang melakukan test drive di halaman depan Masjid Sabilillah. selain itu, Laskar Pecinta Rasul juga ikut memeriahkan ngabuburit tersebut. Nampak antusiasme para penonton yang dengan semangat memberikan suaranya untuk mendukung para peserta lomba.

Kegiatan lainnya adalah lomba Qiro’ah yang dilaksanakan Hari Minggu (21/7). Sama seperti kegiatan sebelumnya, kegiatan ini nampak mendapatkan perhatian dari banyak pengunjung Masjid Sabilillah. Sepuluh peserta yang mengikuti lomba qiro’ah juga terlihat sangat bersemangat mengikuti kegiatan tersebut. Juara pertama lomba qiro’ah diraih oleh Sofi, santri dari TPQ Nurul Huda, Jabung. Juara 2 diraih oleh Qoni Aida dari Madin Al-Iqtishod Blimbing dan juara 3 diraih oleh Asrif Azril dari SDN Blimbing 3.

Maya, salah satu pendamping dari peserta mengatakan bahwa acara seperti ini seharusnya dilakukan setiap tahun, karena melalui kegiatan seperti ini dapat melatih santri-santri untuk berani menampilkan kebolehannya. Jika tak ada wadah yang menampung, bakat mereka tak akan bisa berkembang.

“Untuk Sabtu-Minggu (27-28 Juli) akan diadakan Parade Musik Islami dan Pelatihan Website di Masjid Sabillah. Bagi yang ingin bergabung, langsung saja datang ke Masjid sabilillah atau langsung menghubungi panitia. Dan masih banyak lagi acara yang pastinya akan lebih menarik” kata Rara, salah satu panitia Safari Ramadhan tersebut. “Semoga kegiatan seperti ini dapat kami laksanakan pada tahun depan dengan konsep yang lebih menarik,” pungkasnya. (elf/dmb)