HAUL KE-41 KH WAHAB CHASBULLAH – PBNU Usulkan KH Wahab Pahlawan Nasional

Jombang, NU Online
Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) segera mengusulkan KH Wahab Chasbullah untuk mendapatkan gelar Pahlawan Nasional dari pemerintah Indonesia.

Salah satu pendiri dan penggerak NU ini dinilai layak menyandang gelar pahlawan karena berdirinya Indonesia salah satunya adalah atas jasa KH Wahab CHasbullah.

Hal ini disampaikan Wakil Ketua Umum PBNU KH As’ad Ali saat menghadiri Haul ke 41 KH Wahab Chasbullah yang digelar Rabu (26/9) di halaman Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas Jombang.

“Kalau tidak ada Mbah Wahab, maka tidak ada Indonesia sekarang ini, karena faham kebangsaan santri ini adalah dari beliau,” ujarnya di hadapan ribuan nahdhiyin yang hadir.

As’ad Ali menambahkan, keputusan Bangsa Indonesia menetapkan Pancasila sebagai ideologi bukan sekular sebagaimana di negara barat adalah atas jerih payah pendiri NU ini.  PBNU yakin usulan agar mantan penasehat presiden Sukarno ini untuk mendapat gelar pahlawan nasional tidak akan ditolak pemerintah. Karena menurutnya alasan dan jasa mantan Rois Akbar PB NU terhadap keberadaan NKRI yang islami tidak terbantahkan.

“Yang terpenting adalah argumentasinya, namun hal itu sudah tidak akan terbantahkan, karena kebangsaan islami yang akhirnya mewujudkan NKRI ini  Kiai Wahab, jasanya  sangat besar,” tandas As’ad Ali membeberkan.

Bersama KH Wahab Chasbullah, PBNU juga mengusulkan Presiden RI ke 4, KH Abdurrahman Wahid alias Gus Dur juga mendapatkan gelar Pahlawan Nasional. “Ini keputusan Munas, dan sekarang masih dalam penggodokan untuk segera diajukan ke pemerintah,” jawabnya ketika ditanya kapan secara resmi usulan itu akan diajukan.

Hadir dalam kegiatan itu, Wakil Sekjen PBNU H Abdul Munim DZ, Ketua PBNU yang juga Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf, KH Nur Iskandar, KH Sholeh Qosim dan serta puluhan kiai sepuh, Ketua DPW PPP Musyafa Roup, Wakil Bupati Jombang Widjono Soeparno bersama Muspida Jombang.

Wagub Jawa Timur, dalam sambutannya mengatakan, sosok KH Wahab menjadi panutan tidak hanya bagi warga NU akan tetapi bagi semuanya. Hal ini dibuktikan meski sudah meninggal masih dicari umatnya. “Kebaikan tidak pernah hilang,” tuturnya.

Sementara itu, KH Nur Iskandar SQ menilai sosok KH Wahab adalah Ulama yang lengkap. Bukan hanya sebagai pendiri dan penggerak NU akan tetapi juga sebagai ulama serta Mujahid. Menurutnya, banyak ulama yang tidak mujahid. Dan beliaunya sudah bisa melihat, bahwa Indonesia akan terpecah belah oleh kelompok-kelompok Islam.

Redaktur    : A. Khoirul Anam
Kontributor: Muslim Abdurrahman