BMT Sidogiri Bagikan Zakat di Beberapa Provinsi

Depok -  Komunitas Alumni Pondok Pesantren Sidogiri yang tergabung dalam Ikatan Alumni Santri Sidogiri (IASS) di  wilayah Depok dan sekitarnya menjelang Idul Fitri melakukan serangkaian kegiatan sosial. Di antaranya pembagian zakat yang dibagi  di dua wilayah strategis, yaitu Tangerang dan Depok.

“Kegiatan pembagian zakat serentak dilakukan pada bulan Ramadhan disebar di ratusan titik di sepuluh provinsi. Untuk wilayah Jawa Barat kami di Pondok Pesantren al-Nahdlah Depok, tempat kami selama ini membuka jasa simpan pinjam Syariah.” Kata Muhaimin, Kepala Cabang BMT UGT Sidogiri Unit Sawangan kepada NU Online di Depok.

Muhaimin menambahkan bahwa pembagian zakat di Tangerang dilakukan pada saat santri al-Nahdlah menggelar kegiatan Pengabdian masyarakat selama sepuluh hari. Sehingga masyarakat tidak hanya mendapatkan materi keagamaan namun juga mendapatkan zakat. Sedangkan untuk daerah Depok bersamaan dengan acara buka bersama civitas al-Nahdlah menjelang libura Idul Fitri.

“Sinergi ini cukup efektif dan efisien, baik waktu, tenaga maupun biaya operasional.” Tegas Muhaimin.

Sementara itu Sulthan Fatoni, Pengurus perwakilan BMT UGT Sidogiri menyatakan beberapa kegiatan IASS untuk wilayah Depok dan sekitarnya pada Ramadhan tahun ini dipusatkan di Pondok Pesantren al-Nahdlah.

“Kami pilih Pondok Pesantren al-Nahdlah agar konsolidasinya lebih mudah. Alhamdulillah pembagian zakat telah selesai. Pelayanan BMT berjalan baik dan mulai libur pada tanggal 17 Ramadhan. Proses pendirian BMT baru di Bogor tidak ada kendala. Puncaknya nanti pada tanggal 21 Ramadhan kami selenggarakan haul masyayikh Sidogiri.” Kata Sulthan.